Jurnal Psikologi vol 11 2015

jurnal-psikologi-vol-11-2015

KATA PENGANTAR

Remaja tengah menjadi sorotan, karena anak-anak muda adalah masa depan sedangkan orang dewasa adalah masa lampau. Remaja Indonesia kini telah menjadi generasi emas, yang mana jumlahnya dapat

’menggendong’ baik anak-anak maupun warga usia lanjut. Remaja harus benar-benar dijaga, supaya mereka kelak menjadi orang dewasa yang tidak hanya tangguh dalam bidang karakter tetapi juga unggul dalam hal kognisinya. Ironisnya, tidak sedikit remaja yang terjebak dalam perilaku- perilaku yang kurang patut, seperti menyontek dan melanggar peraturan di asrama tempat tinggalnya.

Pada terbitan kali ini, terasa sangat istimewa. Hal ini karena ada dua alumni Fakultas Psikologi UP45 yang bersedia menjadi mentor bagi adik-adik kelasnya. Alumni pertama bekerja sebagai dosen di Universitas Sarjana Wiyata Yogyakarta. Tesis dari UGM yang telah diselesaikannya bertema tentang perilaku menyontek. Kepekaannya tentang perilaku menyontek itu ternyata sangat berguna ketika adik kelasnya juga meneliti dengan tema yang sama. Alumni kedua juga bekerja sebagai dosen di Univesitas Teknologi Yogyakarta, dan minatnya dalam bidang industri. Minatnya tersebut sangat berguna ketika ia diminta untuk membimbing juniornya di UP45.

Keistimewaan  kedua  dari  terbitan  kali  ini  adalah  ada  tiga  dosen muda yang dengan penuh semangat membimbing para mahasiswa dalam melakukan penelitian awal dari skripsinya. Mereka sangat teliti dalam menyunting tulisan, sehingga para mahasiswa sering seperti ’kehabisan nafas’. Jurnal-jurnal asing pun terpaksa ’dikunyah-kunyah’ mahasiswa demi  mendapatkan  standar  penelitian  yang  memuaskan  para  dosen muda yang energik itu.

Keistimewaan ketiga terbiatan kali ini adalah statusnya sebagai bukti dari usaha-usaha konkrit Prodi Psikologi UP45 untuk mempercepat penulisan skripsi mahasiswa. Selain itu, tulisan ini juga untuk memenuhi kewajiban dari Dikti bahwa mahasiswa harus mempublikasikan tulisannya. Pada masa lampau, proses pembuatan skripsi berjalan lambat karena mahasiswa terbiasa menunda-nunda. Kini setelah ada program penerbitan ini maka mahasiswa seperti ’mampu berenang cepat karena takut dikejar buaya’.

Akhir kata, hendaknya tulisan-tulisan ini bermanfaat tidak hanya untuk penulisnya sendiri, tetapi juga untuk perbaikan Prodi Psikologi UP45, serta masyarakat secara luas. Diharapkan para mahasiswa setelah menulis penelitian pendahuluan ini maka mereka segera menulis kembali penelitian berikutnya yang lebih mendalam. Para dosen muda hendaknya juga tidak lepas tangan, namun tetap memantau para mahasiswa dalam meneliti.

 

Salam hangat, Pimpinan Redaksi Jurnal Psikologi, Yogyakarta, September 2015.

 

 

DAFTAR ISI

 

Perilaku Asertif Pada Remaja

Eni Rohyati & Yusna Hanung Purwandari, halaman (1 – 11)

 

Perilaku Menyontek Pada Remaja

Hartosujono & Nurul Komari Sari (12 – 19)

 

Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika Pada Remaja

Dewi Handayani Harahap & Richanatus Syarifah (20 – 30)

 

 

Perilaku  Melanggar Peraturan Pada  Santri  Di   Pondok Pesantren

Fx. Wahyu Widiantoro & Romadhon (31 – 43)

 

Prokrastinasi Pada Peserta Pendidikan  Karakter dan Faktor- faktor Penyebabnya

Arundati Shinta & Singgih Purwanto (44 – 53)

 

Pengendalian Emosi Karyawan Dalam Bidang Jasa (Cafe)

Dian Yudhawati & Sinta Mayasari (54 – 65)

Posted in: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

'