Jurnal Psikologi vol 10 2014

jurnal-psikologi-vol-10-2014

KATA PENGANTAR

Pada terbitan kali ini, perilaku remaja dan dewasa awal kembali menjadi sorotan. Reponden pada tahap dewasa awal menjadi subjek penelitian tentang kecerdasan buatan (artificial). Ini merupakan penelitian yang inspiratif. Selanjutnya perilaku remaja dalam bidan psikologi konsumen dan pendidikan karakter juga diteliti oleh para dosen Fakultas Psikologi UP45.

Responden yang berprofesi sebagai karyawan, ternyata juga menarik perilakunya untuk diamati. Karyawan divisi pertambangan dan divisi redaksi, ternyata penuh gejolak. Mereka mengalami konflik dalam bekerja, sehingga mereka mangkir dari jadwal kerja. Ini sebuah persoalan klasik dalam bidang industri tentang kepuasan kerja. Para pemegang kekuasaan pada banyak organisasi sering abai terhadap kepuasan kerja karyawan ini.

Satu penelitian yang agak menyimpang dari main stream adalah penelitian tentang peran gender pada anak-anak kelas 1 SD. Meskipun demikian, sebenarnya penelitian ini merupakan basis kelak kalau mereka telah dewasa. Dari penelitian itu, diharapkan anak-anak tidak mempunyai aspirasi  karir  yang  stereotip gender,  sehingga  potensinya  dapat  tergali dengan lebih optimal.

Penelitian ini termasuk kejutan, karena tiga dosen muda Fakultas Psikologi UP45 telah bersedia menyisihkan waktu untuk menulis dan menyunting terbitan kali ini. Diharapkan kemampuan menulis mereka semakin terasah sehingga karya-karya yang outstanding akan menginspirasi para pembaca. Semoga publikasi para dosen tidak berhenti pada satu titik saja.

Salam hangat, Pimpinan Redaksi Jurnal Psikologi, Yogyakarta, September 2014.

DAFTAR ISI

 

Implementasi  Jaringan Saraf Tiruan Untuk Mendeteksi Daya Tahan Terhadap Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dengan Menggunakan Metode Back propagation

Dian Yudhawati, Arief Hermawan & Nurul Ilmil Fadilah, halaman

1 – 15

 

 

Hubungan Konsep Diri  Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja di SMK Kesehatan

Fitriani & Muslimah Zahro Romas – halaman 16 – 22

 

 

Character Building on Young People: Investment To be a Tough Leader

Arundati Shinta, Dewi H. Harahap & Eny Rohyati halaman

23 – 37

 

Hubungan Kepuasan  Kerja Dengan Absensi Karyawan Pada Divisi Pertambangan Pt X

Salman Ahmad Effendi & Muslimah Zahro Romas halaman

38  – 45

 

Hubungan Antara Kepuasan Kerja dengan Konflik Antar Karyawan pada Divisi Redaksi Pt. X

Amir Hendarsah & Indra Wahyudi – halaman 46 – 53

 

Hubungan  Antara Pengaturan Diri Dengan Aspirasi Karir Pada Siswa Kelas 1 SD

Elisa & Arundati Shinta halaman 54 – 67

Posted in: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *